Rabu, 23 Maret 2011

Menggunakan e-Commerce sebagai Alat Transaksi

Seiring perkembangan jaman, perkembangan bisnis juga berbanding lurus, atau mengikuti perkembangan jaman. Anda pasti sudah sering mendengar kata e-Commerce atau perdagangan elektronik. e-Commerce sendiri menurut Wikipedia adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Tetapi saya tidak akan menjelaskan tentang apa itu e-Commerce, yang akan saya jelaskan adalah bagaimana manfaat dari e-Commerce itu sendiri berdasarkan pengalaman saya menggunakan e-Commerce sebagai media transaksi.


Saya pernah beberapa kali menggunakan layanan e-Commerce untuk bertransaksi, seperti transaksi pembelian kaos atau untuk menjual ponsel secara online. Pertama-tama akan saya bahas pembelian dengan sistem online. Contoh online seller untuk barang-barang elektronik adalah www.bhinneka.com.

Tampilan dari www.bhinneka.com

Lalu untuk langkah selanjutnya kita memilih barang yang akan dibeli, misalnya notebook. Setelah itu kita memilih jenis pengiriman, apakah itu melalui paket, atau dengan COD (Cash On Delivery). Kemudian kita mengisi data diri, lalu melanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu transfer, dll. Jika memilih pembelian dengan COD, barang pesanan akan diantar ke alamat tujuan sekaligus melakukan transaksi di alamat tujuan tersebut.

Spesifikasi Barang yang Akan Dibeli (Ilustrasi)

Selanjutnya, untuk penjualan secara online, melalui www.kaskus.us dalam subforum jual beli. Barang yang pernah  saya jual adalah sebuah telepon selular. Langkah-langkahnya adalah kita memposting barang yang akan kita jual beserta spesifikasinya sebagai sebuah thread, jangan lupa cantumkan contact person kita agar mudah dihubungi.

Tampilan Subforum Jual Beli di www.kaskus.us

Selanjutnya tinggal menunggu balasan dari konsumen baik melalui private message atau melalui SMS/telepon. Dalam kasus ini, saya menggunakan COD sebagai metode transaksi. Sama seperti proses pembelian diatas, kedua belah pihak bertemu di suatu lokasi untuk melakukan transaksi dan kesepakatan.

Keuntungan dari e-Commerce sendiri adalah:
  • Dapat bertransaksi secara mudah, tanpa harus pergi ke toko
  • Lebih hemat dan lebih efisien
  • Bagi penjual : dapat menjangkau pelanggan dari manapun
Sekian tulisan dari saya, apabila ada kesalahan, saya mohon maaf, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, terima kasih.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar